Deskripsi Perkuliahan Seni Rupa
Nama : Ketut
Ariningsih
Nim : 1111031197
Kelas : E
Semester : VI
Silabus
dan RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran)
Pertemuan
kesembilan tepat pada hari senin tanggal 9
Juni 2014 pukul 15.30 pada saat perkuliahan seni rupa yang di laksanakan di kampus bawah Undiksha
kegiatan yang dilakukan adalah menjelaskan tentang Silabus dan Rpp.
A. Silabus
Silabus adalah rencana pembelajaran pada suatu mata pelajaran atau
tema tertentu dalam pelaksanaan kurikulum SD. Komponen silbus mencakup:
kompetensi inti, kompetensi dasar, materi pembelajaran, penilaian,alokasi
waktu, dan sumber belajar. Silabus berfungsi sebagai rujukan bagi guru dalam
penyusunan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP). Pada kurikulum 2013, silabus
tematik telah disiapkan oleh pemerintah, guru tinggal menggunakan sebagai dasar
penyusunan RPP. Guru memilih kegiatan-kegiatan pembelajaran sesuai dengan
tema/subtema yang akan dilaksanakan pada satu pertemuan atau lebih.
B. RPP (Rencana
Pelaksanaan Pembelajaran)
Rpp
merupakan rencana kerja yang menggambarkan prosedur, pengorganisasian, kegiatan
pembelajaran untuk mencapai satu kompetensi dasar yang telah ditetapkan yang
telah dijabarkan dalam silabus. Lingkup RPP paling banyak mencakup satu
kompetensi yang terdiri atas satu, indikator atau beberapa indikator untuk satu
kali pertemuan atau lebih. Seorang guru harus memperhatinkan langkah-langkah
penyususnan RPP. Dalam RPP Kurikulum 2013 dibagi menjadi tiga langkah besar,
kegiatan pendahuluan, kegiatan inti dan kegiatan penutup.
Kegiatan Pendahuluan
Kegiatan Pendahuluan
Dalam
kegiatan pendahuluan, guru:
a.
Menyiapkan peserta didik secara psikhis
dan fisik untuk mengikuti proses pembelajaran.
b.
Mengajukan pertanyaan-pertanyaan tentang
materi yang sudah dipelajari dan terkait dengan materi yang dipelajari.
c.
Mengantarkan peserta didik kepada suatu
permasalahan atau tugas yang akan dilakukan untuk memepelajari suatu materi dan
menjelaskan tujuan pembelajaran atau KD yang akan dicapai.
d.
Menyampaikan garis besar cakupan
materidan penjelasan tentang kegiatan yang akan dilakukan peserta didik untuk
menyelesaikan permasalahan atau tugas.
Kegiatan Inti
Kegiatan Inti
Kegiatan
inti merupakan proses pembelajaran untuk mencapai tujuan, yang dilkukan secara
interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, memotivasi peserta didik untuk
secara aktif menjadi pencari informasi, serta memberikan ruang yang cukup bagi
prakarya, kreativitas, dan kemadirian sesuai dengan bakat, minat, dan
perkembangan fisisk psikologis peserta didik. Kegaiatn inti metode yang
disesuaiakan dengan karakteristik peserta didik dan muatan pelajaran, yang
meliputi: observasi, menanya, mengumpulkan informasi/eksperimen, mengasosiasi/mengolah
informasi, dan mengkomunikasikan.
Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru bersama-sama dengan peerta didik dan atau sendiri membuat rangkuman atau simpulan materi pembelajaran, melakukan penilaian dan atau refleksi terhadap kegiatan pembelajaran yang sudah dilaksanakan, memberikan umpan balik terhadap proses hasil pembelajaran, dan merenacanakan kegaiatn tindak lanjut dalam bentuk program remedial, program pengayaan, layanan konseling dan memberikan tugas secara individu atau kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik, dan menyampaiakan renacana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru bersama-sama dengan peerta didik dan atau sendiri membuat rangkuman atau simpulan materi pembelajaran, melakukan penilaian dan atau refleksi terhadap kegiatan pembelajaran yang sudah dilaksanakan, memberikan umpan balik terhadap proses hasil pembelajaran, dan merenacanakan kegaiatn tindak lanjut dalam bentuk program remedial, program pengayaan, layanan konseling dan memberikan tugas secara individu atau kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik, dan menyampaiakan renacana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
Contoh format
penyusunan RPP:
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
I.
Identitas
Sekolah :
Kelas/Semester :
Tema/Subtema :
Pembelajaran :
Alokasi
waktu :
II.
Kompetensi
Inti (KI)
KI 1 : Menerima dan mejalankan ajaran agama
yang dianutnya.
KI 2 :Memiliki
prilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli dan percaya diri dalam
berinteraksi dengan keluarga teman, dan guru.
KI 3 :Memahami pengetahuan faktual dengan
cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin
tahu tentang dirinya, mahluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda
yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.
KI 4 :Menyajikan pengetahuan faktual dalam
bahasa yang jelas dan logis, dalam
karya yang estetis, dalam gerakan yang mecerminkan anak sehat, dan dalam
tindakan yang mencerminkan prilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
III.Kompetensi
Dasar
IV.Indikator
V. Tujuan Pembelajaran
VI. Materi
yang dijelaskan
VI. Materi Ajar
VII. Pendekatan,
Model, Metode Pembelajaran
VI. Media, Alat dan Sumber Pembelajaran
VII.
Langkah
–Langkah Pembelajaran
a. Kegiatan
Pembuka
b. Kegiatan
Inti
c. Kegiatan
Pentup
VIII.
Penilaian
a. Penialaian
Sikap
b. Penilaian
Keterampialn
c. Penilaian
Pengetahuan
d. Penialaian
Produk jika siswa menghasilkan karya.
Lampiran
LKS
Evaluasi
Tidak ada komentar:
Posting Komentar