Nama : Ketut Ariningsih
Nim : 1111031197
Kelas : E
Analisis Kurikulum 2013
Menganalisis Kurikulum 2013, mata pelajarn Seni Budaya dan Prakarya agar pertemuan sesuai dengan kalender pendidikan. Kita sebagai calon guru wajib untuk menganalis kurikulum agar pada nantinya waktu yang kita tentukan setidaknya bisa tepat waktu, karena seperti yang kita ketahui banyak guru kekurangan jam mengajar karena dengan alasan banyak libur, serta gurunya mungkin tidak bisa mengajar, kendala lainnya adalah siswa belum mengerti apa yang dijelaskan guru sehingga gura harus mengulang untuk menjelaskan materi yang di pelajari hingga akhirnya sampai mengerti. akan tetapi sudah kebanyakan guru yang mengajar sudah tepat waktu sesuai dengan analisis yang mereka buat. Dan ini adalah salah satu contoh analisi kurikulum 2013 mata pealajaran Seni Budaya dan Prakarya.
Pertemuan
|
Juli
|
Agustus
|
September
|
Oktober
|
||||||||||||
Materi
|
14
|
21
|
28
|
4
|
11
|
18
|
25
|
1
|
8
|
15
|
22
|
29
|
6
|
13
|
20
|
27
|
1.1
Menentukan dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
2.1
Menunujukan rasa percaya diri untuk berlaith mengekpersikan diri dalam
mengolah karya seni
4.2
Membuat karyaseni ekspresi dengan memanfaatkan berbagai teknik cetak
sederhana menggunakan bahan alam
|
4
|
|||||||||||||||
1.1
Menentukan dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
2.2
Menunjukkan rasa ingin tahu untuk mengenal alam lingkungan sekitar sebagai
sumber ide dalam berkarya seni
3.3 Mengenal unsure-unsur gerak, bagian-bagian
gerak anggota tubuh dan level gerak dalam menari
|
4
|
|||||||||||||||
1.1
Menentukan dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
3.5 Mengenal karya seni budaya benda dan bahasa
daerah setempat
4.5
Menyanyikan lagu anak-anak dan memperagakan tepuk birama dengan gerak
4.6
Memainkan pola irama lagu bertanda birama dua dengan tepuk dan gerak.
|
4
|
|||||||||||||||
1.1
Menentukan dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
2.3
Menunjukkan perilaku disiplin, tanggung jawab dan kepedulian terhadap alam
sekitar melalui berkarya seni.
3.1
Mengenal cara dan hasil karya seni
ekpresi
4.7
Menyanyikan lagu anak-anak dan berlatih memahami isi lagu
|
4
|
|||||||||||||||
1.1
Menentukan dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
2.3 Menunjukkan perilaku disiplin, tanggung
jawab dan kepedulian terhadap alam sekitar melalui berkarya seni.
3.2 Mengenal pola irama lagu bervariasi
menggunakan alat musik ritmis
4.1 Menggambar ekspresi dengan mengolah
garis, warna dan bentuk berdasarkan hasil pengamatan di lingkungan sekitar
|
4
|
|||||||||||||||
1.1
Menentukan dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
3.4 Mengamati berbagai bahan, alat serta
fungsinya dalam membuat prakarya
4.2
Membuat karya seni ekspresi dengan
memanfaatkan berbagai teknik cetak sederhana menggunakan bahan alam
|
4
|
|||||||||||||||
1.1
Menentukan dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
2.1
Menunujukan rasa percaya diri untuk berlaith mengekpersikan diri dalam
mengolah karya seni
4.8 Memainkan
pola irama lagu bertanda birama dua tiga dengan alat musik ritmis
4.12 Melakukan
gerak alam di lingkungan sekitar dengan menggunakan level tinngi, sedang, dan
rendah dengan iringan
|
4
|
|||||||||||||||
1.1
Menentukan dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
2.3
Menunjukkan perilaku disiplin, tanggung jawab dan kepedulian terhadap alam
sekitar melalui berkarya seni
4.9 Melakukan gerak kepala, tangan, kaki, dan
badan berdasarkan pengamatan alam di
lingkungan sekitar.
|
4
|
|||||||||||||||
1.1
Menentukan dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
4.3
Menggambar dengan memanfaatkan beragam
media kering
4.13
Membuat karya kerajinan bahan alam di lingkungan sekitar melalui kegiatan
menempel
|
4
|
|||||||||||||||
1.1
Menentukan dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
4.4 Membentuk karya seni ekspresi dari bahan
lunak
4.15
Membentuk karya kerajinan fungsi hias
dari bahan lunak alam
|
4
|
|||||||||||||||
1.1
Menentukan dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
3.5
Mengenal karya seni budaya benda dan bahasa daerah setempat
4.17
Menceritakan karya seni budaya benda dan bahasa daerah setempat
|
4
|
|||||||||||||||
1.1
Menentukan dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
4.8 Memainkan pola irama lagu bertanda
birama dua tiga dengan alat musik ritmis
3.2 Mengenal pola irama lagu bervariasi
menggunakan alat musik ritmis
|
29
|
|||||||||||||||
U
T
S
|
||||||||||||||||
1.1
Menentukan dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
2.2 Menunjukkan rasa ingin tahu untuk
mengenal alam lingkungan sekitar sebagai sumber ide dalam berkarya seni
4.10
Menirukan gerak alam lingkungan sekitar melalui gerak kepala, tangan, kaki,
dan badan berdasarkan rangsangan bunyi
4.11
Menirukan gerak alam lingkungan sekitar dengan menggunakan level tinggi
sedan, sedang, dan rendah
|
4
|
|||||||||||||||
1.1
Menentukan dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
3.4
Mengamati berbagai bahan, alat serta fungsinya dalam membuat prakarya
4.16 Membuat karya rekayasa yang digerakkan
dengan air
|
4
|
|||||||||||||||
1.1
Menentukan dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
3.1
Mengenal cara dan hasil karya seni
ekpresi
4.16
Membuat karya rekayasa yang digerakkan
denga air
|
4
|
|||||||||||||||
1.1
Menentukan dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
3.1
Mengenal cara dan hasil karya seni
ekpresi
4.1 Menggambar
ekspresi dengan mengolah garis, warna dan bentuk berdasarkan hasil pengamatan
di lingkungan sekitar
|
4
|
Pertemuan
|
November
|
Desember
|
|||||||
Materi
|
3
|
10
|
17
|
24
|
1
|
8
|
15
|
22
|
29
|
1.1
Merasakan keindahan alam sebagai salah satu
tanda-tanda kekuasaan Tuhan
3.2 Mengenal
pola irama lagu bervariasi menggunakn alat music ritmis
4.7 Menyanyikan lagu anak-anak dan berlatih
memahami isi lagu
|
4
|
||||||||
1.1
Merasakan keindahan alam sebagai salah satu
tanda-tanda kekuasaan Tuhan
4.2
Membuat karya seni ekspresi dengan memanfaatkan berbagai teknik cetak
sederhana menggunakan bahan alam
4.4 Membentuk karya seni ekspresi dari bahan lunak
|
4
|
||||||||
1.1
Merasakan keindahan alam sebagai salah satu
tanda-tanda kekuasaan Tuhan
2.2
Menunjukkan rasa ingin tahu untuk mengenal alam di lingkungan sekitar sebagai
sumber ide dalam berkarya seni
3.1 Mengenal cara dan hasil karya seni ekspresi
|
4
|
||||||||
1.1
Merasakan keindahan alam sebagai salah satu
tanda-tanda kekuasaan Tuhan
4.15 Membentuk karya kerajinan fungsi hias dari bahan
lunak alam
4.17 Menceritakan karya seni budaya benda dan
bahasa daerah setempat
|
4
|
||||||||
1.1
Merasakan keindahan alam sebagai salah satu
tanda-tanda kekuasaan Tuhan
3.4 Mengamati berbagai bahan, alat serta fungsinya
dalam membuat prakarya
4.13
Membuat karya kerajinan bahan alam di lingkungan sekitar melalui kegiatan
menempel
|
4
|
U
A
S
|
|||||||
1.1
Merasakan keindahan alam sebagai salah satu
tanda-tanda kekuasaan Tuhan
4.13 Membuat karya kerajinan bahan
alam di lingkungan sekitar melalui kegiatan menempel
4.17 Menceritakan karya seni budaya
benda dan bahasa daerah setempat
|
4
|
||||||||
1.1
Merasakan keindahan alam sebagai salah satu
tanda-tanda kekuasaan Tuhan
2.2 Menunjukkan rasa ingin tahu untuk mengenal
alam di lingkungan sekitar sebagai sumber ide dalam berkarya seni
3.4 Mengamati berbagai bahan, alat serta fungsinya
dalam membuat prakarya
4.3 Menggambar dengan memanfaatkan beragam media
kering
|
4
|
||||||||
1.1
Merasakan keindahan alam sebagai salah satu
tanda-tanda kekuasaan Tuhan
2.3
Menunjukkan perilaku disiplin, tanggung jawab dan kepedulian terhadap alam
sekitar melalui berkarya seni
|
4
|
||||||||
UAS
|
Sekian dan Terimakasih, semoga bermanfaat bagi kita
semua.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar