Nama : Ketut Ariningsih
Nim : 1111031197
Kelas : E
Semester: VI
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
I.
Identitas
Sekolah : SD Negeri 1 Panji
Kelas/Semester : I/I
Tema/Subtema : Kegiatanku/Kegiatan Pagi Hari
Pembelajaran : 2
Alokasi
waktu : 3 x 35 menit
II.
Kompetensi
Inti (KI)
KI 1 : Menerima dan mejalankan ajaran agama
yang dianutnya.
KI 2 : Memiliki
prilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli dan percaya diri dalam
berinteraksi dengan keluarga teman, dan guru.
KI 3 : Memahami pengetahuan faktual dengan
cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin
tahu tentang dirinya, mahluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda
yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.
KI 4 : Menyajikan pengetahuan faktual dalam
bahasa yang jelas dan logis, dalam
karya yang estetis,dalam gerakan yang mecerminkan anak sehat, dan dalam
tindakan yang mencerminkan prilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
III.Kompetensi
Dasar
SBDP
4.1 Menggambar ekspresi dengan mengolah
garis warna, dan bentuk berdasarkan hasil pengamatan di Lingkungan sekitar
4.7 Menyanyikan lagu anak-anak dan berlatih
memahami isi lagu.
PPKn
3.2 Mengenal tata tertib dan aturan yang
berlaku dalam
kehidupan sehari-hari di rumah dan sekolah.
Bahasa Indonesia
4.3 Menyampaikan teks cerita diri atau personal
tentang keluarga secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang
dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian.
4.1 Mengamati
dan menirukan teks deskriptif tentang anggota tubuh dan panca indera, wujud dan
sifat benda, serta peristiwa siang dan malam secara mandiri dalam bahasa
Indonesialisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu
penyajian.
IV. Indikator
A. SBDP
1)
Menyanyikan lagu “ Bangun Tidur” dengan
percaya diri.
2)
Menjelaskan tentang isi lagu “ Bangun Tidur”
3)
Menjiplak gambar tentang kebiasaan pagi hari
di rumah.
B. PPkn
1) Menyebutkan
berbagai aturan pada pagi hari dalam keluarga
2) Mematuhi
berbagai aturan pada pagi hari dalam keluarga
C. Bahasa Indonesia
1)
Menceritakan kegiatan pagi hari di rumah
sejak bangun tidur hingga berangkat ke sekolah
V.
Tujuan
Pembelajaran
1)
Melalui mendengar ceramah dari guru,
siswa dapat menyanyikan lagu “Bangun Tidur” dengan tepat.
2)
Melalui mendengar ceramah dari guru,
siswa dapat menjelaskan isi lagu “Bangun Tidur”dengan baik dan benar
3)
Melalui kegiatan diskusi siswa dapa
menjiplak gambar tentang kebiasaan pagi hari.
4)
Setelah diskusi, siswa dapat menyebutkan
aturan pagi hari di rumahnya masing-masing dengan baik dan benar.
1)
Melalui mendengar ceramah dari guru,
siswa dapat mematuhi peraturan yang ada dalam keluarga.
2)
Setelah diskusi, siswa dapat
menceritakan secara lisan kegiatan pagi hari di rumah sejak bangun tidur hingga
berangkat ke sekolah.
VI
Materi
yang dijelaskan
1) Menyanyikan lagu “Bangun Tidur”
2) Menceritakan apa saja yang disebut dalam lagu “Bangun Tidur”
3) Mengurutkan kartu-kartu gambar kegiatan di pagi hari
4) Menjiplak gambar salah satu kebiasaan di pagi hari
5) Menceritakan secara lisan di kegiatan pagi hari
VII Materi Ajar
Tirukan dengan
nyaring lagu yang ada di bawah ini!!
Bangun
Tidur
Cipt. Pak
Kasur
Bangun
tidur kuterus mandi
Tidak lupa
menggosok gigi
Habis mandi
kutolong ibu
Membersihkan tempat tidurku
Kegiatan yang disebut
dalam lagu adalah mandi, menggosok gigi dan membersihkan tempat tidur. Dan kegiatan
yang dilakukan setelah “Bangun Tidur”
Membersihkan tempat tidur,
menggosok gigi, mandi, berpakaian, menyisir rambut, memakai sepatu, pamitan bersama
orang tua, berangkat sekolah.
Urutkan
gambar-gambar yang ada dibawah ini!
Urutkan kartu gambar gambar di bawah ini, Diskusikan
bersama teman temanmu!
Gambarkan salah satu kebiasaanmu di pagi hari
VIII Pendekatan dan Metode Pembelajaran
Metode : Ceramah, diskusi
Pendekatan : Saitifik (Mengamati, menanya,
mengumpulkan informasi, eksperimen, mengasosiasi/menalar, dan
mengkomunikasikan).
IX.
Media, Alat dan Sumber Pembelajaran
Media : Gambar-Gambar, LKS
Alat/
Bahan : Pensil, penghapus, buku
gambar, pensil warna, carbon
Sumber Buku :
Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Tema 3Kegiatanku Hal 9 -11
X. Langkah –Langkah Pembelajaran
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
Kegiatan
Pendahuluan
|
1. Guru
bersama siswa mengawali kegiatan pembelajaran melalui berdoa
2. Guru
mengabsen kehadiran siswa
3. Guru
menyiapkan media pembelajaran yang diperlukan seperti LKS, dan alat tulis.
Apersepsi:
4. Guru
mengajak siswa bernyanyi “Bangun Tidur”
5. Siswa
menanggapi pertanyaan dari guru berdasarkan pengetahuan yang telah mereka
miliki.
6. Guru
bersama-sama siswa mencoba menentukan subtema yang akan di dibahas.
7. Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran kepada siswa
8. Guru
menyampaikan cukup materi yang akan dibahas mendukung tercapainya tujuan
9. Guru
menyuruh siswa membentuk kelompok belajar
|
15
menit
|
Kegiatan Inti
|
1. Siswa
membaca teks, tentang kegiatan di pagi hari (mengumpulkan informasi)
2. Siswa
melakukan pengamatan tentang kegiatan anak bangun tidur. (Mengamati)
3. Setelah
mengamati gambar tentang kegiatan di pagi hari siswa mendiskusikan soal yang
diberikan guru berupa kartu gambar (Menalar).
4. Siswa
mencatat jawaban yang mereka anggap benar (menalar).
5. Guru
mengajukan beberapa pertanyaan yang berkaitan dengan kegiatan di pagi hari (Menanya).
6. Siswa
menyajikan jawaban hasil diskusinya kedepan kelas (mengkomunikasikan)
7. Siswa
membandingkan hasil jawaban mereka dengan kelompok lain (mengorganisasi).
8. Perwakilan
siswa menceritakan kembali urutan kartu gambar yang telah mereka buat dan
mengaitakan dengan kegiatan di pagi hari secara lisan (mengkomunikasikan).
9. Guru
membawakan contoh contoh gambar tentang aturan-aturan yang ada dalam keluarga
(mengamati)
10. Guru
mengajukan beberapa pertanyaan yang berhubungan dengan peraturan yang ada
dalam keluarga
11. Guru
menyuruh siswa secara berkelompok
menjiplak dari salah salah satu gambar
yang berkaitan dengan kegiatan di pagi hari (mencipta)
12. Siswa
membuat laporan tentang gambar kegiatan di pagi hari tersebut.
13. Siswa
menyajikan laporan hasil, dan memamerkan hasil karyanya (mengkomunikasikan)
14. Guru
memberikan penghargaan kepada siswa yang berani tampil kedepan untuk
menyajikan laporan dan hasil karyanya
15. Guru
memberikan kesempatan kepada siswa kelompok lain untuk mengomentari laporan
dan hasil karyanya.
|
80
menit
|
Kegiatan Penutup
|
1. Guru
memberikan penguatan kepada siswa tentang laporan dan hasil karya yang mereka
buat
2. Guru
bersama siswa menyimpukan materi yang telah mereka pelajari
3. Guru
bersama siswa melakukan refleksi.
4. Siswa
mengerjakan Evaluasi
5. Memberikan
tindak lanjut (Pemberian Tugas/PR).
6. Guru
menyampaikan bahan pelajaran untuk minggu berikutnya.
7. Siswa
bersama guru mengakhiri kegiatan dengan doa bersama.
8. Guru mengucapkan salam salam penutup.
|
10
menit
|
XI
Penilaian
1. Daftar
Periksa Sikap
Nama :
No Absen :
Kelas :
No
|
Kriteria
|
BS
|
B
|
C
|
K
|
Komentar
|
1.
|
Siswa
menampilkan sikap rasa ingin tahu saat kegiatan pembelajaran
|
|||||
2.
|
Siswa
menunjukkan sikap kerjasama dalam
masing-masing kelompok
|
|||||
3.
|
Siswa
menampilkan sikap teliti saat mengamati dan menganalisis gambar
|
|||||
4.
|
Siswa
menampilkan sikap jujur saat observasi
|
|||||
5.
|
Siswa
bertanggung jawab dalam mengerjakan tugas.
|
Catatan :
Centang (√) pada bagian yang memenuhi kriteria
Rubrik
Periksa Sikap
No
|
Kriteria
|
Baik
Sekali
(4)
|
Baik
(3)
|
Cukup
(2)
|
Kurang
(1)
|
1.
|
Rasa
Ingin Tahu
|
Selalu
berupaya untuk memperluas pengetahuan
|
Sering
berupaya untuk memperluas pengetahuan
|
Kadang-kadang berupaya untuk memperluas pengetahuan
|
Kurang
berupaya untuk memperluas pengetahuan
|
2.
|
Bekerja
sama
|
Bekerja
untuk menyelesaikan tugas, menunjukkan sikap positif terhadap teman
|
Sebagian
besar sikap menunjukkan sikap positif
terhadap teman, dan terlibat untuk menyelesaikan
sebagaian besar tugas
|
Terkadang dapat bekerja sama, menertawakan teman atau hasil kerja teman
|
Kurang
bisa bekerja sama dengan teman
dan menunjukkan sikap negatif
terhadap teman
|
3.
|
Teliti
|
Selalu
cermat dalam menyelesaikan
tugas
|
Kadang-kadang kurang cermat dalam menyelesaikan tugas
|
Sering
tidak cermat dalam menyelesaikan tugas
|
Kurang
pernah cermat dalam
menyelesaikan tugas
|
4.
|
Jujur
|
Selalu
jujur dalam menyelesaikan
tugas
|
Kadang-kadang kurang jujur dalam
menyelesaikan tugas
|
Sering
tidak jujur dalam menyelesaikan tugas
|
Kurang
pernah jujur dalam
menyelesaikan tugas
|
5.
|
Tanggung Jawab
|
Sangat bertanggung jawab dalam mengerjakan tugas
|
Kadang- kadang kurang bertanggung jawab dalam menyelsaikan tugas
|
Sering tidak bertanggung jawab dalam
menyelesaikan tugas
|
Kurang bertanggung jawab dalam
menyelesaikan tugas
|
Keterangan:
BS :
Baik Sekali
B : Baik
C :
Cukup
K : Kurang
Rubrik Penilaian
sikap
Kriteria
|
Kategori
|
4
|
Baik
Sekali
|
3
|
Baik
|
2
|
Cukup
|
1
|
Kurang
|
Penilaian Keterampilan
Nama
:
No.
Absen :
Kelas :
Kriteria
|
BS
|
B
|
C
|
K
|
Keterangan
|
Ketepatan
Mengurutkan
gambar berseri
|
|||||
Kemampuan
bercerita
berdasarkan urutan
kartu
|
|||||
Kemampuan
menjiplak ekspresi
|
Catatan :
Centang (√) pada bagian yang memenuhi kriteria
Rubrik Periksa Keterampilan
No
|
Kriteria
|
Baik
Sekali
4
|
Baik
3
|
Cukup
2
|
Perlu
Bimbingan
1
|
1.
|
Ketepatan
mengurutkan
gambar berseri
|
Kelompok
mampu
mengurutkan
7 – 9 kartu
|
Kelompok
mampu
mengurutkan
4 – 6 kartu
|
Kelompok
mampu
mengurutkan
1
– 3 kartu
|
Kelompok
belum
mampu
mengurutkan
kartu
|
2.
|
Kemampuan
bercerita
berdasarkan
urutan
kartu
|
Perwakilan
kelompok
mampu
menceritakan
urutan
kartu
dengan
lengkap
dan lancar
|
Perwakilan
kelompok
mampu
menceritakan
dengan
lancar,
tetapi
tidak
lengkap,
atau
sebaliknya
|
Perwakilan
kelompok
menyampaikan
cerita
namun
belum
sesuai
dengan
urutan
gambar
|
Perwakilan
kelompok
belum
mampu
menceritakan
urutan gambar
|
3.
|
Kemampuan
menjiplak
ekspresi
|
Tema
gambar
tepat,
menggunakan
3
warna atau lebih
|
Tema
gambar
tepat,
menggunakan
2
warna
|
Tema gambar
kurang
tepat
|
Belum
mampu
menggambar
|
Penilaian
Pengetahuan
Tes Tertulis
Jawablah soal-soal berikut dengan
tepat!
1. Kegiatan apa saja yang disebut dalam lagu “Bangun
Tidur”?
2. Kegiatan apa saja yang kamu lakukan setelah “Bangun
Tidur”?
3. Sebutkan aturan-aturan rumah yang harus dipatuhi di
kegiatan di pagi hari?
Kunci Jawaban.
1.
Bangun tidur, mandi, menggosok gigi,
menolong ibu, membersihkan tempat tidur.
2.
Membersihkan tempat tidur, menggosok
gigi, mandi, berpakaian, menyisir rambut, memakai sepatu pamitan sama orang
tua, berangkat sekolah.
3.
Yang harus dipatuhi adalah bangun tepat
waktu, Membersihkan tempat tidur, menggosok gigi, mandi, berpakaian, menyisir
rambut, memakai sepatu pamitan sama orang tua, berangkat sekolah.
Daftar
Periksa Penilaian Tes Pengetahuan
Nama
:
No.
Absen :
Kelas :
Penilaian
tes tertulis
No Soal
|
Skor
|
1
|
4
|
2
|
4
|
3
|
4
|
4
|
4
|
5
|
4
|
Skor total
|
20
|
Rubrik
Penilaian Tes Tertulis
Kriteria
|
Kategori
|
4
|
Jawaban sangat
tepat dan benar
|
3
|
Jawaban tepat
|
2
|
Kurang tepat
|
1
|
Tidak tepat
|
Nilai akhir :
Rentangan
Nilai
Kriteria
|
Kategori
|
85
-100
|
A (Baik
Sekali)
|
75
- 84
|
B (Baik)
|
55
- 69
|
C (Cukup)
|
0
- 54
|
D (Kurang)
|
Mengetahui
Singaraja,
Kepala
SD N 1 Panji Guru
Kelas I
NIP.
…………….. NIP. ……………..
Lembar
Kerja Siswa (LKS)
1. Urutkan kartu gambar-gambar yang ada di bawah ini di bawah ini!
2. jiplak salah satu gambar yang berkaitan dengan kegiatan di pagi hari!
Tes Evaluasi akhir Pelajaran
1.
Jelaskan manfaat jika kita mematuhi
peraturan rumah pada kegiatan di pagi hari?
2.
Apa akibatnya jika kita tidak mematuhi
peturan yang ada di kegiatan di pagi hari?
3.
Ceritakan secara singkat dan jelas
kegiatan yang kamu lakukan setelah bangun tidur?
Tidak ada komentar:
Posting Komentar